Pinjaman Komersial

Definisi:
Pinjaman Komersial adalah pinjaman yang diberikan kepada pengusaha, pedagang, atau pegawai yang digunakan untuk modal kerja atau modal usaha dengan jaminan benda bergerak atau benda tidak bergerak (Jenis agunan yang dapat dijaminkan lihat penjelasan mengenai Jaminan).

Plafon Pinjaman:

Plafon Pinjaman minimal Rp. 5.000.000,- sampai dengan Rp. 250.000.000,-. Pinjaman di atas Rp.250.000.000 akan diputus oleh Kantor Pusat.

Jangka Waktu Pinjaman:

Masa Pinjaman adalah 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan s/d 60 bulan.

Jasa Pinjaman:

Besar Jasa adalah 2 s/d 2,1% flat per bulan, dan untuk permintaan ulang jasa yang dikenakan 2% flat per bulan.

Jaminan:

Jaminan dapat berupa rumah/toko/rukan/tanah kosong dan kendaraan roda empat dengan bukti kepemilikan (sesuai nama peminjam) berupa SHM, SHGB, dan BPKB kendaraan roda empat (lebih disukai mobil buatan Jepang). Khusus untuk kendaraan roda empat usia jaminan adalah 15 tahun lunas, artinya sudah termasuk jangka waktu pinjaman. Misalnya, jangka waktu pinjaman 36 bulan (3 tahun), maka usia kendaraan maksimal adalah 15 – 3 = 12 tahun terhitung sejak pinjaman disetujui.

Persyaratan:

Persyaratan Umum

Menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSP-SB) dengan melunasi Setoran Pokok sebesar Rp.50.000,- dan Setoran Wajib sebesar Rp.100.000,- dan membuka Tabungan Koin Sejahtera minimal sebesar Rp.20.000,- serta Biaya Administrasi Sertifikat Rp.30.000,-

Persyaratan Khusus

  1. Fotocopy KTP yang masih berlaku atau fotocopy SBKRI & ganti nama untuk WNI keturunan (Peminjam/ Suami/ Istri/ Penjamin jika agunan bukan atas Peminjam).
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Akta Nikah (untuk yang sudah menikah) dan Akta Cerai (bagi yang sudah bercerai)
  4. Pas foto Peminjam
  5. Rekening Listrik terakhir
  6. Slip Gaji/ Surat Keterangan Penghasilan
  7. Fotocopy Rekening Koran Bank dan Tabungan
  8. Surat Keterangan Usaha (SKU) khusus Pedagang
  9. Fotocopy Akta Pendirian (dan Akta Perubahan SIUP dan Izin yang berhubungan dengan usaha Peminjam) khusus untuk Pengusaha dan untuk Pedagang (Optional)
  10. Fotocopy NPWP untuk Pengusaha dan untuk Pedagang/ Karyawan (Optional)
  11. Neraca dan Rugi/Laba 2 tahun terakhir untuk Pengusaha dan untuk Pedagang (Optional).

Persyaratan Tambahan (optional)

Mengingat peraturan yang mengharuskan bahwa Koperasi boleh menerima simpanan dan memberi pinjaman hanya kepada anggota, maka Peminjam perlu menunjukkan keseriusannya dalam berkoperasi, yaitu dengan mengambil salah satu atau lebih dari produk simpanan yang ada. Misalnya, untuk Peminjam yang mendapatkan pinjaman di atas Rp.100 juta sangat dianjurkan untuk mengambil prosuk Simpanan Berjangka Sejahtera Prima minimal sebesar Rp.10 juta. Untuk produk simpanan ini anggota Peminjam mendapat jasa (bunga) simpanan yang berlaku (saat ini jasa simpanan sebesar 13% per tahun). Untuk pinjaman di bawah Rp.100 juta dapat mengambil produk simpanan TRS (Tabungan Rencana Sejahtera) sebesar 10% dari pinjamannya. Khusus produk ini dapat dicicil selama masa simpanannya. Misalnya, anggota Peminjam mendapat pinjaman sebesar Rp.90 juta, maka bisa mengambil TRS untuk jangka waktu minimal 3 tahun sebesar Rp.250.000,- per bulan.

Skip to toolbar